Tatiek Kancaniati, Sosok Sederhana yang Bantu Berdayakan Warga Desa

Tatiek Kancaniati, Sosok Sederhana yang Bantu Berdayakan Warga Desa

Sosok Tatiek Kancaniati mungkin tidak banyak yang tahu. Namun, bagi mereka yang tinggal di Kampung Tegalwru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, ia sangat berpengaruh. Ialah orang yang turut memberdayakan warga kampung tersebut sehingga bisa lebih maju seperti sekarang. Oleh sebab itu, ia patut menerima anugerah asuransi wakaf Allianz.

Kisah Ibu Tatiek Kancaniati

Tatiek Kancaniati sebenarnya adalah wanita biasa yang pernah tinggal di Depok selama lebih kurang 7 tahun. Hidup di lingkungan perumahan seringkali membuatnya jenuh. Namun, pada tahun 2006 tatkala kondisi kesehatan anaknya menurun dan membutuhkan terapi udara segar, ia akhirnya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman.

Sejak kepindahannya ke kampung halaman, ia sering melihat wara yang belum memaksimalkan kemampuan masing-masing padahal sebenarnya bisa dilakukan. Sejak itulah, ia bertekad untuk menjadi motor penggerak masyarakat. Dari sana, ia mulai mendirikan sebuah yayasan yang diberi nama KUNTUM Indonesia.

Tatiek Kancaniati, Sosok Sederhana yang Bantu Berdayakan Warga Desa

KUNTUM sendiri memiliki Kreativitas Usaha Unit Muslimah. Tujuan dari pembentukan yayasan ini adalah agar para wanita di pedesaan itu bisa diberdayakan dan terbebas dari pernikahan dini dan putus sekolah. Benar saja, dengan berbagai macam pelatihan yang diberikan, keterampilan masyarakat terutama wanita sekitar terasah.

Banyak di antaranya yang berpikir untuk membentuk UKM-UKM sehingga bisa terbebas dari belenggu yang selama ini harus para wanita itu tanggung. Meski terdengar mudah, sebenarnya hal itu tidak semudah yang dibayangkan. Tentu saja, Tatiek sempat mendapat penolakan dari warga sekitar lebih dulu.

Namun, berkat pendekatan yang dilakukan dengan silaturahmi yang baik, maka ia pun bisa diterima. Setelah sukses dengan yayasan KUNTUM Indonesia, Tatiek kembali membuat terobosan baru dengan mendirikan koperasi syariah Kampoeng Mandiri di balas desa. Hanya saja, proyek ini tak berhasil seperti yang pertama karena banyak warga yang belum siap.

Membuat Kampung Usaha

Meski sempat gagal, bukan berarti Tatiek menyerah. Ia kembali bangkit dengan membuat berbagai acara pada KUNTUM Indonesia yang dimilikinya. Salah satu program yang dijalankan adalah Ngabuburit Kreatif yang diadakan dengan tujuan memberi pelatihan keterampilan dari banyak hal pada masyarakat sekitar.

Pelatihan yang diberikan itu misalnya daur ulang kertas, sulam pita, pernak-pernik, dan masih banyak lagi untuk mengisi bulan Ramadhan. Jumlah peserta yang hadir bisa dibilang banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Nah, dari sinilah pada akhirnya tercipta KUNTUM Organizer yang jadi pilar utama penggerak kampung wisata.

Kampung wisata yang dimaksud adalah Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru atau KWBT. Ada banyak pelatihan yang diberikan di sini. Pelatihan yang disediakan di sini ada yang berbayar ada juga yang gratis. Semua warga bisa memilih mana saja pelatihan yang diinginkan sehingga menyukseskan program Tatiek untuk jadikan kampungnya maju.

Asuransi Allianz Wakaf

Dengan tekad yang kuat, Tatiek berhasil mengubah wajah kampungnya menjadi lebih baik. Oleh sebab itu pantas baginya untuk mendapat anugerah asuransi Allianz wakaf. Ia bisa dapat berbagai perlindungan seperti asuransi jiwa dasar dan lainnya. Untuk Anda yang ikut program asuransi ini pun bisa dapat manfaat seperti keberkahan dan pahala yang melimpah.

Nah, tak salah bila Bu Tatiek Kancaniati mendapatkan anugerah asuransi wakaf dari Allianz. Sudah banyak yang diperbuatnya untuk memajukan masyarakat kampungnya dan ia tak pernah menyerah sampai sekarang. Tentunya, dengan semua yang dilakukan Bu Tatiek, bisa mendatangkan yang terbaik untuk sekitar dan Anda bisa ikut andil dengan program ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *